Laman

Kamis, 22 Januari 2015

Alasan perhiasan perak jadi berubah warna


Pernah menemukan cincin perak tiba-tiba menghitam? cek dulu, mungkin dari sabun atau larutan tertu sehabis mencuci baju atau larutan lainnya, biasanya cincin perak berubah warna menjadi kehitaman atau kekuningan dikarenakan reaksi kimia, salah satunya dikarenakan sulfur.

Noda ini diakibatkan oleh reaksi antara perak dengan oksigen atau sulfur. Sulfur adalah penyebab utama terbentuknya noda pada perak. Selain terdapat di udara bebas sebagai H2S (dari polusi), senyawa yang mengandung sulfur juga dapat ditemui di sekitar kita yaitu produk dari karet, sabun, detergent, karpet, cat, wol, kayu, keringat manusia, dan bahan makanan seperti telur, bawang bombay, mustard, garam dapur, dan lain-lain.

Namun tidak usah gusar karena kehilangan kilau cantik perhiasan anda, ada langkah-langkah berikut yang bisa mengembalikan warna perhiasan perak ke semua.
1.Langkah pertama sediakan air ke dalam panci kecil secukupnya lalu masak sampai mendidih.
2.Lalu masukkan sunlight cair ke dalam air yang mendidih secukupnya.
3.Masukkan perhiasan perak (cincin, kalung, gelang, anting2, dll.) yang akan dicuci ke dalam air sunlight yang telah tercampur dengan air mendidih.
4.Rendam hingga 10 - 15 menit sampai air sunlight tersebut menjadi hangat.
5.lalu ambil sikat gigi yang sudah tidak terpakai lagi lalu sikat perhiasan perak yang sudah direndam hingga merata ke semua bagian perhiasan (sikat perhiasan secukupnya).
6.Lalu cuci/bilas dengan air bersih perhiasan yang sudah disikat secara merata tersebut.
7.Kemudian keringkan perhiasan perak menggunakan kain bersih atau tissue.

Bisa juga dengan melarutkan satu sendok teh garam ke dalam air dingin biasa / hangat, beberapa tetes cuka atau bahkan jeruk nipis, rendam perhiasan perak beberapa menit lalu gosok dengan sikat gigi yang tidak terpakai, angkat lalu tiriskan, hehehe maksud setelah itu keringkan dengan kain bersih atau tissue.
Namun terkadang warna bisa kembali ke semula dengan sendirinya, selama tidak terkena kembali dengan bahan kimia yang berpengaruh.
Sekian tipsnya, semoga perhiasan agan kinclong kembali ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar ya, tapi mohon untuk tidak spam / meninggalkan link hidup :)